Supported by : BRILIANT.NET
‹‹ Kembali ke Beranda Summary Tes ››
IPS - Matematika
- 1.
-
Diketahui P = , Q = dan PX = Q. Matriks X = …
-
Konsep Matriks
Diketahui : P =
Q =
Ditanya : PX = Q
Jawab:
PX = Q
X = P-1 Q
P = → P-1 =
=
= =
X = P-1 Q
=
=
= =
Jadi, matriks X =
By: RExa Education Center
-
- 2.
-
Biaya produksi kain batik sepanjang x meter dinyatakan dengan fungsi B(x) = (x2 - 10x + 25) ribu rupiah. Jika semua kain batik tersebut dijual dengan harga (50x - x2) ribu rupiah, maka panjang kain batik yang diproduksi agar diperoleh laba maksimum adalah…
-
-
60 m
-
60 m
-
-
50 m
-
50 m
-
-
30 m
-
30 m
-
-
25 m
-
25 m
-
-
15 m
-
15 m
-
1. Konsep Turunan Titik Stasioner
Diketahui : Fungsi biaya produksi kain batik B(x) = (x2 - 10x + 25) ribu rupiah.
Fungsi harga jual kain batik J(x) = (50x - x2) ribu rupiah.
Ditanya : Panjang kain batik yang diproduksi agar diperoleh laba maksimum
Jawab:
Misalkan: Panjang kain = x
Laba = L
Harga jual = J
Biaya produksi = B
Laba (x) = harga jual (x) – biaya produksi (x)
L(x) = J(x) – B(x)
= (50x - x2) - (x2 - 10x + 25)
= 50x - x2 - x2 + 10x - 25
= -x2 +60x – 25
Syarat laba maksimum L’(x) = 0
L(x) = - x2 +60x -25
→L’(x) = -2x +60
L’(x) = 0
-2x + 60 = 0
-2x = 60
x = -30
Jadi, panjang kain batik yang diproduksi agar diperoleh laba maksimum adalah 30 m.
By: RExa Education Center
-
- 3.
-
Diketahui matriks A = dan B = . Nilai determinan dari B – 2A = …
-
-
82
-
82
-
-
69
-
69
-
-
22
-
22
-
-
-21
-
-21
-
-
-74
-
-74
-
Konsep Matriks
Diketahui : A =
B =
Ditanya: Nilai determinan dari B – 2A
Jawab:
B - 2A = - 2= + =det (B - 2A) = det=Ingat; = (ad - bc)= ((4)(1) – (-6)(13))= (4 + 78) = 82Jadi, nilai determinan dari B – 2A adalah 82By: RExa Education Center
-
- 4.
-
Akar-akar persamaan dari 3x2 + 5x – 2 = 0 adalah x1 dan x2, dengan x1 > x2. nilai x1 – x2 = …
-
Konsep Persamaan Kuadrat
Diketahui : Akar-akar persamaan 3x2 + 5x – 2 = 0 adalah x1 dan x2, x1 > x2
Ditanya : x1 – x2
Jawab:
3x2 + 5x – 2 = 0
(3x – 1)(x + 2) = 0
(3x – 1) = 0 atau (x + 2) = 0
3x = 1 x2 = -2
x1 =
Jadi, x1 – x2 = -(-2) = + =
By: RExa Education Center
-
- 5.
-
Nilai = ....
-
Konsep Limit
Nilai == (bentuk tak tentu)Nilai = Nilai ...(memfaktorkan)= Nilai= = =By: RExa Education Center
-
- 6.
-
Tabel berikut adalah data tinggi badan siswa kelas XII – IPS. Modus data tersebut adalah …
Tinggi (cm)Frekuensi146-1519152-15714158-16317164-16912170-1754-
-
161,5
-
161,5
-
-
159,75
-
159,75
-
-
159,5
-
159,5
-
-
158,75
-
158,75
-
-
158,5
-
158,5
-
Konsep Statistika
Diketahui :
Tinggi (cm)
Frekuensi
146-1519152-15714158-16317164-16912170-1754
Jawab:
Modus adalah nilai data yang paling sering/banyak muncul atau nilai data yang frekuensinya paling besar.
Tampak pada tabel bahwa kelas interval ke-3 mempunyai frekuensi paling besar yaitu 17. Dengan demikian kelas interval ke-3 merupakan kelas modus.
Tb = 158 – 0,5 = 157,5
b1 = 17 – 14 = 3
b2 = 17 – 12 = 5
p = 163,5 – 157,5 = 6
modus ditentukan dengan rumus
mo = Tb + p= 157,5 + 6= 157,5 + ()6= 157,5 + 2,25 = 159,75By: RExa Education Center
-
- 7.
-
Jumlah deret geometri tak hingga 20 + + + + …, adalah …
-
-
30
-
30
-
-
40
-
40
-
-
60
-
60
-
-
80
-
80
-
-
90
-
90
-
Konsep Deret Geometri
Ditanya : Jumlah deret geometri tak hingga
20 + + + + ...
Jawab:
U1 = a = 20
r = = = =
karena r terletak di antara -1 dan 1, maka deret geometri tak hingga tersebut konvergen (mempunyai jumlah).
Jumlahnya adalah
s = = = = = 60
jadi, jumlah deret geometri tak hingga tersebut adalah 60
By: RExa Education Center
-
- 8.
-
Histogram di samping menunjukkan nilai tes matematika sekelompok siswa SMA XI – IPS. Rata-rata nilai tersebut adalah…
-
-
27
-
27
-
-
23
-
23
-
-
21
-
21
-
-
17
-
17
-
-
15
-
15
-
Konsep Statistika
Diketahui : Histogram
Ditanya : Rata-ra nilai
Jawab:
Dari Histogram diperoleh
NilaiTitik tengah (xi)fi2-148215-2721428-4034241-54471
=
=
= = 23
Jadi, nilai rata-rata tes matematika adalah 23
By: RExa Education Center
-
- 9.
-
Nilai dari 9Log 25 . 5Log 2 – 3Log 54 = …
-
-
-1
-
-1
-
-
-3
-
-3
-
-
0
-
0
-
-
2
-
2
-
-
3
-
3
-
Konsep Logaritma
9Log 25 . 5Log 2 – 3Log 54
= 32Log 52 . 5Log 2 – 3Log 27 . 2
= 3Log 5 . 5Log 2 – (3Log 27 + 3Log 2) …
(ac Log bd = aLog b)
= 3Log 2 - 3Log 33 - 3Log 2 … (aLog b . bLog c = aLog c)
= -3 3Log 3 … (aLog a = 1) = -3
By: RExa Education Center
-
- 10.
-
Nilai = ....
-
Konsep Limit
Jika nilai x = ∞ disubstitusikan ke limit maka akan menghasilkan bentuk tak tentu .
Tips:
Sederhanakan limit tersebut dengan membagi pembilang dan penyebut dengan pangkat tertinggi dari penyebut tersebut.
=== =Ingat: = 0Cara CepatMisalkan = LJika m < n, maka L = 0Jika m = n, maka L =Jika m > n, maka L = ∞ untuk a > 0-∞ untuk a < 0Jadi, =By: RExa Education Center
-
- 11.
-
Diketahui f(x) = x3 – 10x2 + 25x + 5 dan f ‘ adalah turunan pertama f. nilai f ‘(1) = …
-
-
3
-
3
-
-
8
-
8
-
-
13
-
13
-
-
16
-
16
-
-
21
-
21
-
Konsep Turunan
Diketahui : f(x) = x3 – 10x2 + 25x + 5
f’ adalah turunan pertama f
Ditanya :
Jawab:
f(x) = x2 -10x2 +25x + 5
f’(x) = 3x2 -20x +25
f’(1) = 3(1)2 -20(1) +25 = 3 -20 +25 = 8
Ingat: Jika f(x) = ax” maka f’(x) = anxn-1
By: RExa Education Center
-
- 12.
-
Diketahui fungsi f(x) = 2x + 3 dan g(x) = x2 – 2x + 4. Komposisi fungsi (g o f)(x) adalah…
-
-
2x2 – 16x + 19
-
2x2 – 16x + 19
-
-
4x2 – 4x + 19
-
4x2 – 4x + 19
-
-
4x2+ 8x + 7
-
4x2+ 8x + 7
-
-
2x2 – 4x + 11
-
2x2 – 4x + 11
-
-
2x2 – 4x + 5
-
2x2 – 4x + 5
-
Konsep Komposisi Fungsi
Diketahui : f(x) = 2x + 3
g(x) = x2 – 2x + 4
Ditanya : (g o f)(x)
Jawab:
(g o f)(x) = g{f(x)}
= g(2x + 3)
= (2x + 3)2 – 2(2x + 3) + 4
= 4x2 + 12x + 9 – 4x – 6 + 4
= 4x2 + 8x + 7
By: RExa Education Center
-
- 13.
-
Invers dari fungsi f(x) = , x ≠ adalah f -1 (x) = …
-
-
, x ≠
-
, x ≠
-
-
, x ≠
-
, x ≠
-
-
, x ≠
-
, x ≠
-
-
, x ≠
-
, x ≠
-
-
, x ≠
-
, x ≠
-
Konsep Invers Fungsi
Diketahui : f(x) = , x ≠
Ditanya : f -1 (x)
Jawab:
y =
3xy – 4y = 7x + 5
3xy – 7x = 4y + 5
x(3y – 7) = 4y +5
x =
f -1(x) = x = , x ≠
Cara cepat: (x) = , maka
f -1(x) =
f(x) =
f -1(x) = = , x ≠
By: RExa Education Center
-
- 14.
-
Diketahui:
Premis 1 : Jika ia seorang kaya, maka ia berpenghasilan banyak.
Premis 2 : Ia berpenghasilan tidak banyak.
Kesimpulan yang sah adalah…
-
-
Ia bukan seorang yang miskin.
-
Ia bukan seorang yang miskin.
-
-
Ia seorang dermawan.
-
Ia seorang dermawan.
-
-
Ia seorang yang tidak kaya.
-
Ia seorang yang tidak kaya.
-
-
Ia seorang kaya.
-
Ia seorang kaya.
-
-
Ia tidak berpenghasilan banyak.
-
Ia tidak berpenghasilan banyak.
-
Konsep Logika Matematika
Diketahui : Premis 1
Jika ia seorang kaya, maka ia berpenghasilan banyak.
Premis 2
Ia berpenghasilan tidak banyak.
Misalkan:
p : Ia seorang kaya.
q : Ia berpenghasilan banyak.
~q : Ia berpenghasilan tidak banyak.
Ditanya : Kesimpulan yang sah.
Jawab:Argumentasi:p ⇒ q (premis 1)~q (premis 2) Modus Tollens∴ ~p (kesimpulan)Jadi kesimpulan yang sah dari kedua premis itu adalah: Ia seorang yang tidak kaya.
By: RExa Education Center
-
- 15.
-
Nilai minimum fungsi obyektif f(x, y) = 3x +2y dari daerah yang diarsir pada gambar adalah …
-
-
9
-
9
-
-
8
-
8
-
-
7
-
7
-
-
6
-
6
-
-
4
-
4
-
Konsep Program Linear
Diketahui :
Ditanya : Nilai minimum fungsi objektif f(x,y) = 3x + 2y dari daerah yang diarsir.
Jawab:
Tips:
Menentukan persamaan garis berdasarkan grafik.
Persamaan garisnya: ax + by = ab
4x + 2y = 8 atau 2x + y = 4
3x + 3y = 9 atau x + y = 3
2x + y = 4
x + y = 3
x = 1 → 1 + y = 3
y = 2
Koordinat titik potongnya (1, 2)
Titik pojok (x, y)
f(x, y) – 3x + 2y
(0, 4)
3(0) + 2(4) = 8
(1, 2)
3(1) + 2(2) = 7
(3, 0)
3(3) + 2(0) = 9
By: RExa Education Center
-
- 16.
-
Diketahui fungsi kuadrat f(x) = 2x2 – 7x – 4. Titik potong grafik fungsi ,kuadrat tersebut dengan sumbu X dan sumbu Y berturut-turut adalah …
-
-
( - , 0), (4, 0), dan (0, -4)
-
( - , 0), (4, 0), dan (0, -4)
-
-
( - , 0), (4, 0), dan (0, 4)
-
( - , 0), (4, 0), dan (0, 4)
-
-
(-1, 0), (2, 0), dan (0, 4)
-
(-1, 0), (2, 0), dan (0, 4)
-
-
(-1, 0), (2, 0), dan (0, -4)
-
(-1, 0), (2, 0), dan (0, -4)
-
-
( - , 0), (-4, 0), dan (0, -4)
-
( - , 0), (-4, 0), dan (0, -4)
-
Konsep Fungsi Kuadrat
Diketahui : f(x) = 2x2 – 7x – 4 memotong sumbu-X dan sumbu-Y.
Ditanya : Titik potong grafik fungsi kuadrat dengan sumbu X dan sumbu Y.
Jawab:
Tips:
Selesaikan soal tanpa menggambar grafik fungsinya.
· Titik potong terhadap sumbu-X
Agar grafik fungsi kuadrat y = 2x2 – 7x – 4 memotong sumbu-X, maka nilai y = 0.
y = 0 ↔ 2x2 – 7x – 4 = 0
(2x + 1)(x – 4) = 0
2x + 1 = 0 atau x – 4 = 0
2x = -1
X =
Koordinat titik potongnya (, 0) dan (4, 0).
· Titik potong terhadap sumbu-Y
Agar grafik fungsi kuadrat f(x) = 2x2 – 7x – 4 memotong sumbu Y, maka nilai x = 0.
x = 0 ↔ y = 2(0)2 – 7(0) – 4
y = -4
koordinat titik potongnya (0, -4)
Jadi, titik potong grafik fungsi kuadrat f(x) = 2x2 – 7x – 4 dengan sumbu-X dan sumbu-Y adalah (, 0), (4, 0), dan (0, -4)By: RExa Education Center
-
- 17.
-
Dua buah dadu dilempar undi bersama-sama. Peluang muncul mata dadu berjumlah 10 adalah…
-
Konsep Peluang
Diketahui : Dua buah dadu dilempar undi bersama-sama.
Ditanya : Peluang muncul mata dadu berjumlah 10
Jawab:
Ruang sampel pelemparan dua buah dadu
II123456I1(1, 1)(1, 2)(1, 3)(1, 4)(1, 5)(1, 6)2(2, 1)(2, 2)(2, 3)(2, 4)(2, 5)(2, 6)3(3, 1)(3, 2)(3, 3)(3, 4)(3, 5)(3, 6)4(4, 1)(4, 2)(4, 3)(4, 4)(4, 5)(4, 6)5(5, 1)(5, 2)(5, 3)(5, 4)(5, 5)(5, 6)6(6, 1)(6, 2)(6, 3)(6, 4)(6, 5)(6, 6)
Dari tabel si atas diketahui n(s) = 36.
Misalkan A = kejadian muncul mata dadu berjumlah 10.
Dari tabel diperoleh A = {(4, 6), (5, 5), (6, 4)}.
Jadi, n(A) = 3.
Peluang muncul mata dadu berjumlah 10 adalah
P(A) = = =
By: RExa Education Center
-
- 18.
-
Hasil dari (2 - )( + ) = ....
-
-
2 (1 - )
-
2 (1 - )
-
-
2 (2 - )
-
2 (2 - )
-
-
2 ( - 1)
-
2 ( - 1)
-
-
3 ( - 1)
-
3 ( - 1)
-
-
4 (2 + 1)
-
4 (2 + 1)
-
Konsep Bentuk Akar
(2 - )( + )
= 2 ( + ) - ( + )= 4 + 2 - - 6= - 2= 2 - 2= 2 ( - 1)Ingat: (a x b ) = ab(a - b ) = (a - b)By: RExa Education Center
= 2 ( + ) - ( + )= 4 + 2 - - 6= - 2= 2 - 2= 2 ( - 1)Ingat: (a x b ) = ab(a - b ) = (a - b)
-
- 19.
-
Diagram lingkaran berikut menunjukkan persentase peserta kegiatan
ekstrakurikuler dalam suatu kelas. Jika jumlah siswa 40 orang maka
peserta paduan suara sebanyak…
-
-
4 orang
-
4 orang
-
-
5 orang
-
5 orang
-
-
6 orang
-
6 orang
-
-
7 orang
-
7 orang
-
-
10 orang
-
10 orang
-
Konsep Statistika
Diketahui : diagram lingkaran persentase kegiatan ekstrakurikuler dari 40 siswa.
Ditanya : banyaknya peserta paduan suara.
Jawab:
Persentase paduan suara
= 100% - (50% + 12,5% + 25%)
= 100% - 87,5% = 12,5%
Maka jumlah siswa peserta paduan suara adalah
12,5% x 40 = x 40 = 5 orang
By: RExa Education Center
-
- 20.
-
Nilai kebenaran yang tepat untuk pernyataan (p ∧ q) ⇒ ~p, pada tabel berikut adalah …
pq(p ^ q) → ~pBB….BS….SB….SS….-
-
S B S B
-
S B S B
-
-
S S S B
-
S S S B
-
-
S S B B
-
S S B B
-
-
S B B B
-
S B B B
-
-
B B B B
-
B B B B
-
Konsep Logika Matematika
Tips:
Untuk memudahkan penyelesaian soal ini, buat tabel kebenaran dari masing-masing pernyataan
pqp ^ q~p( p ^ q ) ⇒~pBBSSBSBSBSSSSSBBSBBB
Jadi nilai kebenaran yang tepat untuk pernyataan (p ^ q) ⇒ ~p adalah SBBB
By: RExa Education Center
-
- 21.
-
Pada percobaan lempar undi 3 keping uang logam bersama-sama sebanyak
600 kali, frekuensi harapan muncul paling sedikit dua gambar adalah…
-
-
500
-
500
-
-
400
-
400
-
-
300
-
300
-
-
200
-
200
-
-
100
-
100
-
Konsep Peluang
Diketahui : Percobaan lempar undi 3 keping uang logam bersama-sama sebanyak 600
kali.
Ditanya : Frekuensi harapan muncul peluang sedikit dua gambar.
Jawab:
Ruang sampel 3 keping uang logam
Banyak ruang sampel = n(s) = 8
Banyak titik sampel paling sedikit dua gambar adalah {AAA, AAG, AGA, GAA} = n(A) = 4
Frekuensi harapan muncul paling sedikit dua gambar adalah
P(A) 600 = x 600 - x 600=300 kali
By: RExa Education Center
-
- 22.
-
Persamaan grafik fungsi kuadrat mempunyai titik ekstrim (-1, 4) dan melalui titik (0, 3) adalah…
-
-
y = -x2 – 2x + 5
-
y = -x2 – 2x + 5
-
-
y = -x2 – 2x – 5
-
y = -x2 – 2x – 5
-
-
y = -x2 – 2x + 3
-
y = -x2 – 2x + 3
-
-
y = -x2 + 2x + 3
-
y = -x2 + 2x + 3
-
-
y = -x2 + 2x – 3
-
y = -x2 + 2x – 3
-
Konsep Fungsi Kuadrat
Diketahui : Titik ekstrim = (-1, 4), melalui titik (0, 3).
Ditanya : Persamaan grafik fungsi kuadrat.
Jawab:
Karena diketahui titik ekstrim (xp’ yp) = (-1, 4) maka gunakan rumus:
y = a(x – xp)2 + yp
y = a{x – (-1)}2 + 4
y = a(x + 1)2 +4
melalui titik (0, 3) → 3 = a(0 + 1)2 + 4
3 = a(1) + 4
-1 = a
a = -1
Jadi, y = -1 (x + 1)2 + 4
y = -1 (x2 + 2x + 1) + 4
y = -x2 – 2x – 1 + 4
y = -x2 – 2x + 3
By: RExa Education Center
-
- 23.
-
Bentuk sederhana dari adalah…
-
Konsep Eksponen
Ingat : === , ingat: (a”’ : a”’ “)== , ingat: []Konsep EksponenIngat : === , ingat: (a”’ : a”’ “)== , ingat:By: RExa Education Center
-
- 24.
-
Dalam sebuah pertemuan, hadir 20 orang. Jika setiap orang yang hadir
saling berjabat tangan, banyak jabatan tangan yang dilakukan adalah…
-
-
380
-
380
-
-
190
-
190
-
-
120
-
120
-
-
90
-
90
-
-
20
-
20
-
Konsep Kombinasi
Diketahui : Dalam suatu pertemuan hadir 20 orang dan saling berjabat tangan
Ditanya : Banyak jabat tangan yang terjadi
Jawab:
Misalkan A berjabat tangan dengan B, hal ini sama artinya bahwa B berjabat tangan dengan A. dengan demikian AB = BA. Jadi, persoalan di atas dapat diselesaikan dengan kombinasi.
Diketahui ada 20 orang yang hadir, berarti n = 20. Karena untuk berjabat tangan membutuhkan 2 orang, ini berarti r = 2.
Banyak jabat tangan yang terjadi
C(n,r) =C(20,2) = = = 190By: RExa Education Center
-
- 25.
-
Diketahui matriks A = dan B = . Invers dari matriks (A – B) adalah…
-
Konsep Matriks
Diketahui : A =
B =
Ditanya : Invers dari matriks (A – B)
Jawab:
A – B = -
Ingat:
Jika matriks A = , maka invers matriks
A = A’ =
(A – B)-1 =
=
=
=
Jadi invers matriks (A – B) adalah
By: RExa Education Center
-
- 26.
-
Diketahui matriks A = , B = , dan C = . Jika 3A – B = C maka nilai x + y = …
-
-
-3
-
-3
-
-
-2
-
-2
-
-
-1
-
-1
-
-
1
-
1
-
-
3
-
3
-
Konsep Matriks
Diketahui: A = ; B =c =Ditanya: 3A - B = CJawab:3A - B = C3 - =- ==*) 12 + x = 10 ↔ x = -2
*) 3x – 3 = -9
3x = -6 ↔ x = -2
*) 3 – y = 2
-y = -1 ↔ y = 1
Jadi, x + y = -(-2) + 1 = -1
By: RExa Education Center
-
- 27.
-
Koordinat titik balik dari grafik fungsi kuadrat yang persamaannya y = (x – 6)(x + 2) adalah…
-
-
(-2, 0)
-
(-2, 0)
-
-
(-1, -7)
-
(-1, -7)
-
-
(1, -15)
-
(1, -15)
-
-
(2, -16)
-
(2, -16)
-
-
(3, -24)
-
(3, -24)
-
Konsep Fungsi Kuadrat
Diketahui : y = (x – 6)(x + 2)
Ditanya : koordinat titik balik grafik fungsi kuadrat.
Jawab:
y = (x – 6)(x + 2)
= x2 + 2x – 6x – 12
= x2 – 4x – 12
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah y = ax2 – bx + c, sehingga dari fungsi kuadrat y = x2 – 4x – 12 diperoleh a = 1, b = -4, dan c = -12.
Koordinat titik balik grafik fungsi kuadrat adalah
= = = 2
== = = -16Jadi koordinat titik balik grafik fungsi kuadrat y = (x – 6)(x + 2) adalah (2, -16)
By: RExa Education Center
-
- 28.
-
Seorang penjahit mempunyai persediaan 84 m kain polos dan 70 m kain
batik. Penjahit tersebut akan membuat 2 jenis pakaian untuk dijual.
Pakaian jenis I memerlukan 4 m kain polos dan 2 m kain batik, sedangkan
pakaian jenis II memerlukan 3 m kain polos dan 5 m kain batik. Jika
pakaian jenis I dijual dengan laba Rp 40.000,00 dan pakaian jenis II
dijual dengan laba Rp 60.000,00 per potong. Keuntungan maksimum yang
dapat diperoleh penjahit tersebut adalah…
-
-
Rp 1.180.000,00
-
Rp 1.180.000,00
-
-
Rp 1.080.000,00
-
Rp 1.080.000,00
-
-
Rp 960.000,00
-
Rp 960.000,00
-
-
Rp 840.000,00
-
Rp 840.000,00
-
-
Rp 800.000,00
-
Rp 800.000,00
-
Konsep Program Linear
Diketahui : Persediaan kain polos = 84 m
Persediaan kain batik = 70 m
Pakaian jenis I memerlukan 4 m kain polos dan 2 m kain batik
Pakaian jenis II memerlukan 3 m kain polos dan 5 m kain batik
Laba pakaian jenis I = Rp 40.000
Laba pakaian jenis II = Rp 60.000
Ditanya : keuntungan maksimum yang dapat diperoleh.
Jawab:
Misalkan banyak pakaian jenis I = x
Banyak pakaian jenis II = y
Jenis pakaianBanyaknya pakaianPersediaan kainLabaIx84 mRp 40.000IIy70 mRp 60.000
x ≥ 0, y ≥ 0, 4x + 3y ≤ 84, 2x +5y ≤ 70
dengan bentuk objektif maksimum
(40.000x + 60.000y)
4x + 3y = 84 | x1 | 4x + 3y = 84
2x + 5y = 70 | x2 | 4x + 10y = 140 –
-7y = -56
y = 8
y = 8 → 2x + 5y = 70
2x = 70 – 40
2x = 30
x = 15
Titik pojokf(x, y) : 40.000x + 60.000y(0, 0)
(0, 14)
(15, 8)
(21, 0)
0
0 + 60.000(14) = 840.000
40.000(15) + 60.000(8) = 1.080.000
40.000(21) + 60.000(0) = 840.000
By: RExa Education Center
-
- 29.
-
Diketahui x1 dan y1 memenuhi sistem persamaan Nilai 7x1 + y1 = …
-
-
-42
-
-42
-
-
-28
-
-28
-
-
-18
-
-18
-
-
26
-
26
-
-
28
-
28
-
Konsep Sistem Persamaan Linear
Diketahui : 2x + 3y = 11
5x – 2y = -39
Ditanya : 7x1 + y1
Jawab:
2x + 3y = 11 | x 2 | 4x + 6y = 22
5x – 2y = -39 | x 3 | 15x – 6y = -117 +
19x = -95
x = -5
x = -5 → 2(-5) + 3y = 11
3y = 11 + 10
3y = 21
y = = 7
Jadi, 7x1 + y1 = 7(-5) + (7) = -35 + 7 = -28
By: RExa Education Center
-
- 30.
-
Akar-akar persamaan kuadrat dari 3x2 + 2x – 5 = 0 adalah x1 dan x2. Nilai + = …
-
Konsep Persamaan Kuadrat
Diketahui : Akar-akar persamaan kuadrat 3x2 + 2x – 5 = 0 adalah x1 dan x2.
Ditanya : +
Jawab:
3x2 + 2x – 5 = 0
(3x + 5)(x – 1) = 0
3x + 5 = 0 atau x – 1 = 0
3x = -5 x2 = 1
x1 =
+ =
= = = =
By: RExa Education Center
-
- 31.
-
Grafik fungsi f(x) = x3 – 3x2 – 9x + 15 turun dalam interval …
-
-
x < -3 atau x > 1
-
x < -3 atau x > 1
-
-
x < -1 atau x > 3
-
x < -1 atau x > 3
-
-
x < -3 atau x > -1
-
x < -3 atau x > -1
-
-
-1 < x < 3
-
-1 < x < 3
-
-
1 < x <3
-
1 < x <3
-
Konsep Turunan (Fungsi Turun)
Diketahui : f(x) = x3 – 3x2 -9x + 15
Ditanya : Pada interval mana grafik fungsi f(x) turun
Jawab:
Ingat:
Suatu fungsi f(x) akan turun pada interval 1, jika turunan fungsi f(x) kurang dari nol {f’(x) < 0}.
f(x) = x3 – 3x2 -9x + 15
→f’(x) = 3x2 – 6x – 9
Fungsi f(x) turun jika f’(x) < 0
3x2 – 6x – 9 < 0
→ x2 – 2x – 3 < 0
→ (x – 3)(x + 1) < 0
x – 3 = 0 atau x + 1 = 0 (pembuat nol)
x1 = 3 x2 = -1
Jadi, grafik fungsi f(x) = x3 – 3x2 -9x + 15 turun dalam interval -1 < x < 3.
By: RExa Education Center
-
- 32.
-
Dari angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 akan disusun bilangan yang
terdiri atas empat angka berbeda. Banyak bilangan yang dapat disusun
adalah…
-
-
32
-
32
-
-
256
-
256
-
-
1.120
-
1.120
-
-
1.680
-
1.680
-
-
4.096
-
4.096
-
Konsep Permutasi
Diketahui : Dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, akan disusun bilangan yang terdiri atas
empat angka berbeda.
Ditanya : Banyak bilangan yang dapat disusun.
Jawab:
Angkanya ada 8, ini berarti n = 8
Disusun empat angka berbeda, ini berarti r =4. Dengan demikian banyaknya bilangan yang dapat disusun
P(n, r) =
P(8, 4) = = = 1.680
By: RExa Education Center
-
- 33.
-
Himpunan penyelesaian dari x2 – 10x + 21 < 0, x ∈ R adalah…
-
-
{ x │x < -7 atau x > 3 ; x ∈ R}
-
{ x │x < -7 atau x > 3 ; x ∈ R}
-
-
{ x │-7 < x < 3; x ∈ R}
-
{ x │-7 < x < 3; x ∈ R}
-
-
{ x │-3 < x < 7; x ∈ R}
-
{ x │-3 < x < 7; x ∈ R}
-
-
{ x │x < 3 atau x > 7 ; x ∈ R}
-
{ x │x < 3 atau x > 7 ; x ∈ R}
-
-
{ x |3 < x < 7; x ∈ R}
-
{ x |3 < x < 7; x ∈ R}
-
Konsep Pertidaksamaan Kuadrat
Diketahui : x2 – 10x + 21 < 0; ∈ R
Ditanya : Himpunan penyelesaian
Jawab:
x2 – 10x + 21 < 0
(x – 7)(x – 3) < 0
x1 = 7, x2 = 3 (pembuat nol)
{tanda (-1) menunjukkan kurang dari nol (< 0)}
HP = {x │3 < x < 7; x ∈ R}
By: RExa Education Center
-
- 34.
-
Dari 12 orang pengurus OSIS akan dipilih seorang ketua, sekretaris, dan
bendahara. Banyak susunan pengurus yang dapat terjadi adalah…
-
-
1.728
-
1.728
-
-
1.320
-
1.320
-
-
220
-
220
-
-
132
-
132
-
-
36
-
36
-
Konsep Permutasi
Diketahui: Dari 12 orang pengurus OSIS akan dipilih seorang ketua, sekretaris, dan
bendahara.
Ditanya : Banyak susunan pengurus yang dapat terjadi.
Jawab:
Akan dipilih 3 orang untuk menjadi staf pengurus dari 12 calon yang tersedia. Ini berarti r = 3 dan n = 12. Dengan demikian banyaknya susunan pengurus yang mungkin adalah
P(12, 3) = = = 1.320
By: RExa Education Center
-
- 35.
-
Negasi dari pernyataan “Jika pengemudi tidak membawa SIM maka dia akan ditilang petugas.” adalah…
-
-
Pengemudi membawa SIM tetapi dia akan ditilang petugas.
-
Pengemudi membawa SIM tetapi dia akan ditilang petugas.
-
-
Pengemudi membawa SIm atau dia akan ditilang petugas.
-
Pengemudi membawa SIm atau dia akan ditilang petugas.
-
-
Pengemudi tidak membawa SIM tetapi dia tidak ditilang petugas.
-
Pengemudi tidak membawa SIM tetapi dia tidak ditilang petugas.
-
-
Jika pengemudi tidak membawa SIM, maka dia tidak ditilang petugas.
-
Jika pengemudi tidak membawa SIM, maka dia tidak ditilang petugas.
-
-
Jika pengemudi membawa SIM maka dia tidak ditilang petugas.
-
Jika pengemudi membawa SIM maka dia tidak ditilang petugas.
-
Konsep Logika Matematika
Diketahui : Jika pengemudi tidak membawa SIM maka dia akan ditilang petugas.
Misalnya :
p : pengemudi tidak membawa SIM, berarti
~p : pengemudi membawa SIM
q : dia akan ditilang petugas, berarti
~q : dia tidak ditilang petugas
p ⇒ q : jika pengemudi tidak membawa SIM maka dia akan ditilang petugas
Ditanya : ~ (p ⇒ q)
Tips:
Untuk menyelesaikan soal ini, pahami bentuk ekuivalen dari pernyataan majemuk
Jawab:
Negasi dari p ⇒ q adalah ~ (p ⇒ q) ≡ p ^ ~q
p ^ ~q pengemudi tidak membawa SIM dan dia tidak ditilang petugas.
Karena di opsi jawaban tidak ada, maka cari pernyataan yang sama arti dengan pernyataan di atas.
Jadi, p ^ ~q pengemudi tidak membawa SIM, tetapi dia tidak ditilang petugas.
By: RExa Education Center
-
- 36.
-
Jumlah kamar untuk menginap di suatu hotel adalah 65 buah. Kamar
tersebut terdiri atas dua tipe yaitu standar dan superior. Jumlah kamar
tipe standar adalah dua kali jumlah tipe superior dikurangi 10. Banyak
kamar tipe superior adalah …
-
-
40
-
40
-
-
35
-
35
-
-
30
-
30
-
-
25
-
25
-
-
15
-
15
-
Konsep Sistem Persamaan Linear
Diketahui : Misalkan kamar tipe standar = x
Misalkan kamar tipe superior = y
x + y = 65
x = 2y – 10
Ditanya : banyak kamar tipe superior (y)
Jawab:
Tips:
Ubah soal cerita dalam kalimat matematika.
x + y = 65
(2y – 10) + y = 65
3y = 65 + 10
3y = 75
Y = 25
Jadi, banyak kamar tipe superior adalah 25.
By: RExa Education Center
-
- 37.
-
Diketahui deret aritmatika dengan suku ke-3 adalah 24 dan suku ke-6 adalah 36. Jumlah 15 suku pertama deret tersebut adalah …
-
-
765
-
765
-
-
660
-
660
-
-
640
-
640
-
-
560
-
560
-
-
540
-
540
-
Konsep Deret Aritmatika
Diketahui : U3 = 24
U6 = 36
Ditanya : S15
Jawab:
Ingat: Un = a + (n – 1)b
U6 = a + 5b = 36
-3b = -12
b = 4 → a + 2(4) = 24
a = 24 – 8 = 16
Sn = (2a + (n – 1) b)
S15 = (2 . 16 + (15 – 1) 4)
= (32 +56) = (88) = 660
Jadi, jumlah 15 suku pertama deret aritmatika tersebut adalah 660
By: RExa Education Center
-
- 38.
-
Simpangan baku dari data 2, 3, 4, 5, 6, adalah…
-
Konsep Statistika (Simpangan Baku)
Diketahui : Data 2, 3, 4, 5, 6
Ditanya : Simpangan Baku
Jawab:
Banyak data n = 5
= = = 4
Dengan demikian diperoleh
Ragam
= s2 = === = (10) = 2Simpangan baku = s = =By: RExa Education Center
-
- 39.
-
Dari sebuah kotak yang berisi 6 bola putih dan 4 bola hijau diambil 2
bola sekaligus secara acak. Peluang terambil 1 bola putih dan 1 bola
hijau adalah…
-
Konsep Peluang Kejadian Majemuk
Diketahui : Sebuah kotak berisi 6 bola putih dan 4 bola hijau akan diambil 2 bola
sekaligus secara acak.
Ditanya : Peluang terambil 1 bola putih dan 1 bola hijau.
Jawab:
Banyak bola = 6 + 4 = 10
Dua bola akan diambil secara acak. Banyak cara untuk mengambil 2 bola dari 10 bola yang tersedia adalah
C(10,2) === 45Jadi, n(s) = 45
Misalkan A = kejadian terambil 1 bola putih.
Banyak cara untuk mengambil 1 bola putih dari 6 bola putih yang tersedia adalah
C(6,1) = = = 6
Misalkan B = kejadian terambil 1 bola hijau.
Banyak cara untuk mengambil 1 bola hijau dari 4 bola hijau yang tersedia adalah
C(4,1) = = = 4
Misalkan C = kejadian terambil 1 bola putih dan 1 bola hijau
Banyak cara untuk mengambil 1 bola putih dan 1 bola hijau adalah C(A) x C(B) = 6 x 4 =24.
Maka peluang terambilnya 1 bola putih dan 1 bola hijau adalah
P(C) = =
By: RExa Education Center
-
- 40.
-
Dari suatu deret geometri diketahui suku ke-2 adalah 6 dan suku ke-6 adalah 96. Jumlah 10 suku pertama deret tersebut adalah …
-
-
960
-
960
-
-
1960
-
1960
-
-
2960
-
2960
-
-
3069
-
3069
-
-
4069
-
4069
-
Konsep Deret Geometri
Diketahui : U2 = 6
U6 = 96
Ditanya : S10
Ingat: Un = arn-1
U2 = ar = 6 …(1)
U6 = ar5 = 96 …(2)
Dari persamaan (1) dan (2) diperoleh:
=
rA = 16
r = = = 2
a(2) = 6 ↔ a = 3
Sn = untik r > 1
S10 =
= = 3069
Jadi, jumlah 10 suku pertama deret geometri tersebut adalah 3069.
By: RExa Education Center
-
‹‹ Kembali ke Beranda Summary Tes ››
0 comments:
Post a Comment