Translate

Monday, January 7, 2013

Latihan : Matematika

Latihan : Matematika

1.
Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 3 – 5x. Nilai dari f(-4) adalah ...
-23
-17
17
23
Salah! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 3 – 5x
f(-4) = 3 – 5(-4)
         = 3 – (-20) = 3 + 20 = 23



Top of Form

Bottom of Form

2.
Dalam suatu ujian seseorang menjawab 64 soal dengan benar dan 17 soal salah dari 100 soal yang diberikan. Jika setiap jawaban benar diberi skor 4, jawaban yang salah diberi skor -2, dan yang tidak dijawab diberi skor 0. Skor yang diperoleh peserta tersebut adalah
228

236
288
222
Salah! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Jumlah soal = 100
Soal yang dijawab benar = 64
Soal yang dijawab salah = 17
Soal yang tidak dijawab = 100 – 64 – 17 = 19

Jawaban benar diberi skor 4
Jawaban salah diberi skor -2
Tidak dijawab diberi skor 0

Jumlah skor = (64 x 4) + (17 x -2) + (19 x 0)
  = 256 -34 + 0
  = 222


Top of Form

Bottom of Form

3.
Diketahui Un = 3n+2. Nilai dari U3 + U2 adalah
8
11
15
19
Benar! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Un = 3n+2
U= 3(3)+2=9+2=11
U2 = 3(2)+2=6+2=8
U3 + U2 =  11+8=19


Top of Form

Bottom of Form

4.
Nilai x yang memenuhi persamaan x = Description: 18/7- 4 Description: 2/3  adalah ?
7 Description: 5/21
2 Description: 2/21
-7 Description: 5/21
-2 Description: 2/21
Salah! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
x = Description: 18/7- 4Description: 2/3
x = Description: 18/7- Description: 14/3
x = Description: {54-98}/21
x = - Description: 44/21
x = -2 Description: 2/21



Top of Form

Bottom of Form

5.
Diketahui Un = n2 – 5. Nilai dari U5 - U4 adalah
9
11
20
31
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Un = n2 – 5
U4 = (4)2 – 5 = 11
U5 = (5)2 – 5 = 20
 U5 - U4 = 20-11 = 9



Top of Form

Bottom of Form

6.
Diketahui rumus fungsi f(x) = 4x - 3. Jika f(a) = 5 nilai a adalah
2
3
4
5
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 4x - 3
f(a) = 5
f(a) = 4a – 3 = 5 
4a – 3 = 5 
4a = 5 + 3 
4a = 8
a = 2



Top of Form

Bottom of Form

7.
Hasil dari (a – 2b) (2a + b) adalah ...
2a2 – 3ab – 2b2
2a2 – 5ab – 2b2
2a2 + 3ab – 2b2
2a2 + 5ab – 2b2
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= (a – 2b) (2a + b)
= 2a2 + ab – 4ab – 2b2
= 2a2 – 3ab – 2b2



Top of Form

Bottom of Form

8.
Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 2 – 3x. Nilai dari f(-6) adalah ??
-20
-16
16
20
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x)   = 2 – 3x
f(-6)  = 2 – 3(-6)
         = 2 + 18
         = 20



Bottom of Form

9.
Bentuk sederhana dari  Description: {2x^2 +2x-12}/{x^2-9} adalah
Description: {(2x + 4)}/{(x + 3)}
Description: {(2x - 4)}/{(x - 3)}
Description: {(2x + 4)}/{(x - 3)}
Description: {(2x - 4)}/{(x + 3)}
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
=Description: {2x^2 + 2x-12}/{x^2 - 9}
=Description: {(2x - 4) (x + 3) } / {(x - 3 ) (x + 3) }
=Description: {(2x  - 4)}/{(x - 3)}

Bottom of Form

10.
Hasil dari 4Description: 2/3 + 5Description: 1/4 - 2Description: 3/5 adalah ?
7Description: 19/60
8Description: 8/20
11Description: 19/20
12Description: 7/20
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= 4Description: 2/3 + 5Description: 1/4 - 2Description: 3/5

= Description: 14/3+ Description: 21/4- Description: 13/5

= Description: {280+315-156}/{60}

= Description: 439/60

= 7Description: 19/60


Bottom of Form

11.
Hasil dari 14 + ((-18) : 2) + ((-6) x(-3)) adalah ....
-23
-5
5
23
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= 14 + ((-18) : 2) + ((-6) x(-3))
= 14 + (-9) + 18
= 14 + 9
= 23



Top of Form
Bottom of Form

12.
Ana membeli 3 buku dan 2 pensil dengan harga Rp. 11.500,00. Sedangkan Mia membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp. 16.000,00. Jika Rina membeli 2 buku dan 4 pensil berapakah biaya yang harus Rina bayar
Rp. 4.500,00
Rp. 13.000,00
Rp. 8.000,00
Rp. 5.000,00
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Buku : x
Pensil : y
3x + 2y = 11.500 |x3|   9x + 6y = 34.500
4x + 3y = 16.000 |x2|   8x + 6y = 32.000   -
                                           x =   2.500

Substitusikan ke salah satu persamaan
4x + 3y = 16.000
4(2.500) + 3y = 16.000
10.000 + 3y = 16.000
3y = 16.000 – 10.000
3y = 6.000
Y = 2.000

Harga 1 buku adalah Rp. 2.500,00 
Harga 1 pensil adalah Rp. 2.000,00 
Jika Rina membeli 2 buku dan 4 pensil maka yang harus ia bayar adalah
(2 x 2.500) + (4 x 2.000) = 5.000 + 8.000 = Rp. 13.000


Top of Form
Bottom of Form

13.
Hasil dari 14 + (21 : (-7)) – ((-2) x 6) adalah
42
-1
23
29
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= 14 + (21 : (-7)) – ((-2) x 6)
= 14 + (-3) – (-12)
= 14 -3 + 12
= 23


Top of Form
Bottom of Form

14.
Bentuk sederhana dari Description: {{3x^2} + 10x - 8}/{{9x^2} - 4}adalah ?
Description: {(x+4)}/{(3x+2)}
Description: {(x-4)}/{(3x-2)}
Description: {(x+4)}/{(3x-2)}
Description: {(x-4)}/{(3x+2)}
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Description: {{3x^2}+10x-8}/{{9x^2}-4}

Description: {(3x-2)(x+4)}/{(3x-2)(3x+2)}

Description: {(x+4)}/{(3x+2)}



Top of Form

Bottom of Form

15.
Hasil dari Description: 1/x- x adalah  ??
Description: {1-x}/x
Description: {x-1}/x
Description: {{x^2} - 1}/x
Description: {1-{x^2}}/x
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= Description: 1/x- x

= Description: {1-{x^2}}/x



Top of Form
Bottom of Form

16.
Nilai matematika siswa disajikan dalam tabel berikut:

Description: http://latihanujian.paseban.com/center/unsmp/18e9c269f51e288c3137ff5c131bb64f.png

Median dari data di atas adalah....
6,5
7,0
7,5
8,0
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
4,4,5,5,5,5,6,6,6,6,6,7,7,7,7,7,8,8,8,8,8,8,8,8,8,9,9,9,10,10,10,10
Median = Description: {7+8}/2= Description: 15/2= 7,5



Top of Form
Bottom of Form

17.
Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 2x - 6. Nilai dari f(7) adalah
-20
-8
8
20
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 2x - 6
f(7) = 2(7) – 6
        = 14 - 6
       = 8


Top of Form
Bottom of Form

18.
Diketahui Un = 4n-3. Nilai dari U7 - U6 adalah
4
5
6
7
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Un = 4n-3
U7 = 4(7)-3=28-3=25 
U6 = 4(6)-3=24-3=21
U7 - U=  25-21=4



Top of Form
Bottom of Form

19.
Diketahui rumus fungsi f(x) = 12 – 2x. Jika f(a) = 6 nilai a adalah
2
3
4
5
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 12 – 2x 
f(a) = 6
f(a) = 12 – 2a = 6 
12 – 2a = 6 
-2a = -12 + 6  
-2a = -6
2a = 6
a = 3


Top of Form
Bottom of Form

20.
Urutan pecahan terkecil ke pecahan terbesar dari 0,45; 0,85; Description: 7/8;  78% adalah ?
0,45; 78%; Description: 7/8; 0,85
0,45; 78%; 0,85; Description: 7/8
0,85; Description: 7/8;  78%; 0,45
Description: 7/8; 0,85;  78%; 0,45
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Description: 7/8= 0,875
78 %=0,78
Urutan dari yang terkecil ke terbesar adalah
0,45; 78%; 0,85; Description: 7/8



Top of Form
Bottom of Form

21.
Diketahui Un = 4n - 2. Nilai dari U5 – U2 adalah ?
2
16
18
20
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Un = 4n - 2
U5 = 4(5) – 2 = 20 – 2 = 18
U2 = 4(2) – 2 = 4 – 2 = 2
U7 – U5 = 18 – 2 = 16



Top of Form
Bottom of Form

22.
Diketahui persamaan 6x – 4 = 4x + 4. Nilai 2x - 3 adalah ....
2
3
5
8
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
6x – 4 = 4x + 4
6x – 4x = 4 + 4
2x = 8
X = 4

2x – 3 = 2(4) – 3 = 8 – 3 = 5



Top of Form
Bottom of Form

23.
Rumus suku ke-n suatu barisan bilangan adalah Un = 2n -1. Hasil dari U6 – U4 adalah ??
4
7
11
18
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Un = 2n -1
U6 = 2(6)-1 = 11
U4 = 2(4)-1 = 7
U6 – U4 = 11 – 7 = 4



Top of Form
Bottom of Form

24.
Diketahui Description: U_n = {2n^2} {-} 5. Nilai dari Description: U_4 + U_5adalah ...
154
82
72
26
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Description: U_n = {2n^2}{-}5
Description: U_4 = {2(4)^2}{-}5 = 27
Description: U_5 = {2(5)^2}{-}5 = 45

Description: U_4 + U_5 = 27 + 45 = 72



Top of Form
Bottom of Form

25.
Jarak dua kota pada peta adalah 40 cm. Jika skala peta 1 : 500.000. jarak dua kota sebenarnya adalah
2 km
12,5 km
1.250 km
200 km
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Skala peta 1 : 500.000, maka 1 cm pada peta = 500.000 cm atau 5 km pada keadaan sebenarnya. Maka 40 cm pada peta adalah 40 x 5 = 200 km



Top of Form
Bottom of Form

26.
Description: Diketahui Un = 5n+3. Nilai dari U_3 + U_2 adalah
11
13
24
31
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Description: Un = 5n+3
Description: U_3 = 5(3)+3=15+3=18
Description: U_2 = 5(2)+3=10+3=13
Description: U_3 + U_2 =  18+13=31



Top of Form
Bottom of Form

27.
Andi membeli 5 pasang sepatu seharga Rp. 400.000. sebanyak 3 pasang sepatu dijual dengan harga Rp. 120.000 per pasang, sepasang dijual Rp. 90.000 per pasang , dan sisanya disumbangkan. Persentase keuntungan yang diterima Andi adalah ?
5 %
10 %
12 ½ %
20 %
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Harga beli 5 pasang sepatu Rp. 400.000
3 pasang dijual Rp. 120.000 per pasang : 3 x Rp. 120.000 = Rp. 360.000
1 pasang dijual Rp. 85.000 per pasang : 1 x Rp. 90.000 = Rp.   90.000
Sisanya 5 – 3 - 1 = 1 disumbangkan
Maka hasil penjualan adalah Rp. 360.000 + Rp. 90.000 = 450.000
Keuntungannya Rp. 450.000 – Rp. 400.000 = Rp. 50.000
Persentase keuntungannya adalah:
= Description: {Rp.50.000}/{Rp.400.000}x 100 % = 12Description: 1/2%



Top of Form
Bottom of Form

28.
Diketahui f(x) = 3x + n dan f(-1) = 7. Nilai dari f(5) – f(1) adalah ?
14
12
10
4
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 3x + n
f(-1) = 3(-1) + n = 7
                  n = 7 + 3 = 10
f(x) = 3x + 10

f(5) = 3(5) + 10 = 15 + 10 = 25
f(1) = 3(1) + 10 = 3 + 10 = 13

f(5) – f(1) = 25 – 13 = 12



Top of Form
Bottom of Form

29.
Persamaan garis yang melalui titik (-2, 1) dan tegak lurus garis. Persamaannya 4y = -x +8 adalah
4x – 9
4x + 7

4x – 7

4x + 9
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
4y = -x +8 
y =  -x/4  +2
syarat dari tegak lurus adalah m1 x m2 = -1
m1 x m2 = -1 ; m1 =- 1/4
-1/4 x m2 = -1
m2 = 4

garis melalui (-2.1) merupakan gradien dari m2, maka
y – y1 = m2(x – x1)
y – 1 = 4 (x – 2)
y = 4x + 8 + 1
y = 4x + 9


Top of Form
Bottom of Form

30.
Sembilan orang siswa memiliki nilai rata-rata bahasa Indonesia 78. Siswa kesepuluh ikut ulangan susulan dan mendapat nilai 68. Nilai rata-rata 10 siswa tersebut adalah
75
76
77
78
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Description: x/9=78 
Description: x=78 x 9=702
Description: 702 + 68 = 770
Description: nilai rata-rata 10 siswa adalah  770/10=77


Top of Form
Bottom of Form

31.
Diketahui A = -2x + 6 dan B = -3x + 8. Nilai A - B adalah ...
-x + 2
x - 2
x + 2
-x – 2
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
A = -2x + 6
B = -3x + 8
A – B  = (-2x + 6) - (-3x + 8) 
       = -2x + 3x + 6 – 8
       = x – 2 


Top of Form
Bottom of Form

32.
26. Persamaan dari sistem persamaan 3x – 2y = 7 dan 2x + y = 14 adalah nilai x dan y. Nilai dari -4x + 3y adalah
4
5
-8
8
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
3x – 2y = 7   |x2|   6x – 4y = 14
2x + y = 14   |x3|   6x + 3y = 42   -
                           -7y = -28
                              y = 4
Substitusikan ke salah satu persamaan
2x + y = 14   
2x + 4 = 14   
2x = 14 - 4
2x = 10
  X = 5

-4x + 3y = -4(5) + 3(4)
= -20 + 12
= -8

Top of Form
Bottom of Form

33.
Kakak membeli 140 kg tepung tapioka. Tepung tapioka itu akan dijual eceran dengan dibungkus plastik masing-masing beratnya ½ kg. Banyak kantong plastik yang diperlukan adalah
35 kantong
70 kantong
140 kantong
280 kantong
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
= Description: 140/{1/2}<br>
= 140 x   Description: 2/1<br>
= 280 kantong


Top of Form
34.
Pada denah dengam skala 1 : 200 terdapat gambar kebun berbentuk persegipanjang dengan ukuran 6 cm x 3,5 cm. Luas kebun sebenarnya adalah ...
48 m2
84 m2
72 m2

108 m2
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
skala 1 : 200
pada peta : p = 6 cm  dan l = 3,5 cm
sebenarnya : p = 6 x 200 = 1200 cm = 12 m
          l = 3,5 x 200 = 700 cm = 7 m
Luas kebun sebenarnya:
L = p x l = 12 x 7 = 84 m2


Top of Form
Bottom of Form

35.
Dalam suatu ujian seseorang menjawab 41 soal dengan benar dan 7 soal salah dari 50 soal yang diberikan. Jika setiap jawaban benar diberi skor 4, jawaban yang salah diberi skor -1, dan yang tidak dijawab diberi skor 0. Skor yang diperoleh peserta tersebut adalah ??
155
157
171
173
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Jumlah soal = 50
Soal yang dijawab benar = 41
Soal yang dijawab salah = 7
Soal yang tidak dijawab = 50 – 41 – 7 = 2

Jawaban benar diberi skor 4
Jawaban salah diberi skor -1
Tidak dijawab diberi skor 0

Jumlah skor = (41 x 4) + (7 x -1) + (2 x 0)
           = 164 - 7 + 0
           = 157



Top of Form
Bottom of Form

36.
Kakak memiliki seutas tali dengan panjang 60 m. Untuk membuat suatu kerajinan kakak memotong-motong tali tersebut dengan panjang setiap potongnya 2/5 m. Berapa banyak potongan tali yang dihasilkan
24 potong

150 potong

120 potong

300 potong
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Banyaknya potongan tali 
= Description: 60/{2/5}
= 60 xDescription:  5/2
= 150 potong

Top of Form
Bottom of Form

37.
Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 4x – 9 . Nilai dari f(4) adalah ?
-35
-7
7
-35
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 4x – 9
f(4) = 4(4) – 9
         = 16 – 9
         = 7



Top of Form
Bottom of Form

38.
Hasil dari (2 m-3) n3 )x (3 m n) adalah
6 m-2 n4
6 m-4 n2
6 m-3 n3
-6 m-2) n2
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
=(2 m-3  n3 )x (3 m n) 

= 6 m-3+1 n3+1

= 6 m-2 n4


Top of Form
Bottom of Form

39.
Diketahui rumus fungsi f(x) = 14 – 2x. Jika f(a) = 6 nilai a adalah
2
3
4
5
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
f(x) = 14 – 2x 
f(a) = 6
f(a) = 14 – 2a = 6 
14 – 2a = 6 
-2a = -14 + 6  
-2a = -8
2a = 8
a = 4


Top of Form
Bottom of Form

40.
Rata-rata nilai siswa kelas 8A adalah 73. Rata-rata nilai 20 siswa kelas 8B adalah 77. Jika nilai digabungkan rata-ratanya menjadi 75. Banyak siswa kelas 8A adalah ?
15 orang
20 orang
25 orang
40 orang
Kosong! Bookmark Soal Ini Lihat Penjelasan
Rata-rata nilai siswa 8A = xa= 73
Rata-rata nilai 20 siswa 8B = xb= 77
Nilai rata-rata gabungan = x =75
Banyak siswa 8B = nb = 20

Rata-rata = Description: {jumlah nilai}/{jumlah siswa}

X = Description: {na.xa+nb.xb}/{na+nb}

75 = Description: {na.73+20.77}/{na+20}

75 (na+20) = 73 na + 1.540
75 na + 1.500 = 73 na + 1.540
75 na - 73 na = 1.540 - 1.500
2 na = 40
na = 20



Top of Form
Bottom of Form




0 comments: